Jakarta

Batuk kering merupakan salah satu gejala pada flu yang sering muncul. Jika, batuk kering dibiarkan terus menerus, maka akan mengganggu kegiatan sehari-hari.

Dikutip dari Poltekkes Tanjungkarang, batuk kering merupakan batuk yang ditandai dengan tidak adanya sekresi dahak dalam saluran napas.

Batuk kering dapat terjadi karena adanya faktor-faktor alergi, seperti debu, asap rokok, dan perubahan suhu. Selain itu, batuk kering juga dapat terjadi akibat efek samping penggunaan obat dan flu.


ADVERTISEMENT


SCROLL TO CONTINUE WITH CONTENT

Yuk simak cara mengatasi batuk kering.

10 Cara Mengatasi Batuk Kering

Dikutip dari situs Cleveland Clinic dan Healthline, berikut beberapa bahan dan obat yang bisa dikonsumsi untuk membantu mengatasi batuk kering:

1. Minuman hangat

Cobalah teh atau air hangat dengan madu dan lemon untuk menenangkan saluran pernapasan yang sedang iritasi. Tentunya diseimbangkan dengan air putih untuk mencukupi kebutuhan cairan tubuh.

2. Permen

Menghisap permen keras dengan mint dapat meningkatkan produksi air liur dan melegakan tenggorokan. Namun, jangan berikan permen kepada anak di bawah 4 tahun karena dikhawatirkan akan tersedak.

3. Madu

Madu dapat membantu menghentikan batuk karena mengandung antibakteri yang dapat melawan penyebab batuk. Bahkan madu dapat membunuh bakteri penyebab infeksi tenggorokan.

4. Menggunakan humidifier

Humidifier dapat memberikan kelembaban ke udara. Kelembaban ini dapat menenangkan saluran hidung, sakit tenggorokan, serta meredakan batuk kering. Kamu juga bisa mendapatkan lebih banyak kelembaban dengan mandi uap atau mandi air panas.

5. Makanan hangat

Selain minuman, makanan hangat juga bisa membantu menambah kelembaban sekaligus meredakan rasa sakit dan gatal pada tenggorokan. Makanan hangat tentunya wajib memenuhi kebutuhan nutrisi selama batuk.

6. Kumur air garam

Air garam dapat menenangkan jaringan yang meradang dan mempercepat terjadinya penyembuhan. Garam juga dapat membunuh bakteri di space mulut dan tenggorokan.

Untuk membuat obat kumur air garam, campurkan 1/2 sendok teh garam ke dalam air hangat berukuran 240 ml. Miringkan kepala anda ke belakang dan berkumurlah air garam dengan perlahan selama 30 detik, lalu ludahkan.

7. Menghirup uap

Seperti air hangat atau air panas dapat membantu melembabkan jaringan yang kering dan teriritasi di saluran hidung dan tenggorokan. Hal ini juga dapat meredakan iritasi.

Panaskan air lalu tuang ke dalam mangkuk. Letakkan handuk di atas kepala dan mangkuk. Hirup udara hangat secara perlahan selama 2 hingga 3 menit. Kamu juga bisa mandi air hangat dan menghirup uapnya ketika mandi.

8. Konsumsi bromelain

Di dalam nanas, terdapat enzim bromelain. Enzim ini memiliki sifat antiinflamasi yang kuat, yang dapat membantu mengurangi bengkak dan iritasi pada tenggorokan.

Bromelain juga dapat membantu memecah lendir. Kamu dapat mendapatkan dosis kecil dengan mengonsumsi jus nanas. Namun, banyak orang yang lebih suka mengonsumsi suplemen.

9. Vitamin

Vitamin merupakan senyawa organik yang dibutuhkan oleh tubuh. Terdapat berbagai macam vitamin dengan peran yang berbeda-beda. Contohnya, vitamin C berperan dalam sistem kekebalan tubuh. Untuk mendapatkan hasil yang maksimal, kamu dapat mengonsumsi multivitamin yang dijual bebas di apotik.

10. Dekstrometorfan HBr

Dikutip dari eprints UMS, untuk jenis batuk kering komposisi obat yang digunakan adalah Dekstrometorfan HBr. Obat ini dijual bebas sehingga mudah diperoleh di berbagai apotik. Namun, kamu tetap harus memperhatikan dosis serta aturan pakainya.

Terkait cara mengatasi batuk kering dengan bahan alami, detikers wajib curiga jika tidak kunjung membaik atau justru makin buruk. Jangan segan segera berkonsultasi ke dokter untuk mendapat penanganan.

Sedangkan untuk obat-obatan kimia, wajib dikonsumsi sesuai petunjuk yang terdapat di kemasan. Namun akan lebih baik jika dikonsumsi sesuai resep dokter. Demikian penjelasan tentang cara mengatasi batuk kering, semoga bermanfaat.

Simak Video “KuTips: 2 Ramuan Natural Penyembuh Batuk Akibat Polusi Udara
[Gambas:Video 20detik]
(row/row)