Jakarta

Minyak ikan merupakan salah satu solusi bagi detikers yang ingin hidup sehat. Sebab, minyak ikan mengandung asam lemak omega-3 yang tinggi, sehingga baik untuk tubuh.

Sebagai informasi, minyak ikan adalah minyak yang diekstraksi dari jaringan ikan. Pada umumnya, minyak ikan diolah menjadi suplemen dan tersedia dalam bentuk kapsul, pil, maupun cair.

Walau punya banyak manfaat untuk kesehatan, namun mengkonsumsi minyak ikan terlalu banyak juga tidak baik. Sebab, hal ini justru dapat menimbulkan efek samping yang berbahaya.


ADVERTISEMENT


SCROLL TO CONTINUE WITH CONTENT

Penasaran, apa saja manfaat minyak ikan untuk tubuh? Simak pembahasannya secara lengkap di bawah ini.

Manfaat Minyak Ikan untuk Tubuh

Minyak ikan sudah dikenal sejak lama dapat memberikan manfaat bagi kesehatan. Dilansir dari berbagai sumber, berikut sejumlah manfaat minyak ikan.

1. Menjaga Kesehatan Jantung

Manfaat minyak ikan yang pertama adalah mampu menjaga kesehatan jantung. Sebab, minyak ikan mengandung asam docosahexaenoic (DHA) dan asam eicosapentaenoic (EPA).

Kedua asam lemak itu merupakan sumber nutrisi penting untuk menjaga kesehatan sekaligus mencegah penyakit jantung. Dilansir Healthline, sebuah studi menunjukkan bahwa orang yang rutin mengkonsumsi minyak ikan memiliki risiko lebih rendah terserang penyakit jantung.

2. Membantu Mengatasi Kondisi Kesehatan Psychological

Sebagai informasi, otak manusia terdiri dari hampir 60% lemak dan sebagian besar lemak tersebut adalah omega-3. Maka dari itu, omega-3 yang ada di minyak ikan punya peran penting terhadap fungsi otak.

Sebuah penelitian menunjukkan bahwa omega-3 dapat mencegah berbagai penyakit kesehatan psychological, misalnya mengurangi gangguan psikotik. Lalu, minyak ikan juga dapat mengurangi gejala skizofrenia dan gangguan bipolar.

Akan tetapi, masih dibutuhkan penelitian lebih lanjut untuk mengungkapkan hal tersebut.

Mengutip situs Mayo Clinic, minyak ikan ternyata juga dapat menurunkan tekanan darah tinggi (hipertensi), terutama pada sejumlah orang yang memiliki tekanan darah stage tinggi. Perlu diketahui bahwa hipertensi merupakan faktor terbesar akan penyakit jantung dan stroke yang bisa menyebabkan kematian

4. Melindungi Kesehatan Mata

Dalam sejumlah penelitian, orang yang kurang mendapatkan asupan omega-3 berisiko terserang penyakit mata yang lebih tinggi. Untuk mengatasi hal tersebut, disarankan mengkonsumsi ikan secara rutin.

Akan tetapi, belum ada studi lebih lanjut yang mengatakan jika suplemen minyak ikan dapat membantu melindungi kesehatan mata. Oleh karena itu, dibutuhkan penelitian lebih lanjut untuk mengungkapkannya.

5. Mencegah Nyeri Sendi

Dikutip laman Well being, minyak ikan ternyata bermanfaat untuk mencegah nyeri sendi pada penderita osteoartritis (OA) dan rheumatoid arthritis (RA). Sebuah penelitian di 2020 menunjukkan bahwa minyak ikan membantu mengurangi rasa sakit pada penderita osteoartritis.

6. Mengurangi Peradangan

Mengutip Nationwide Library of Medication, sebuah studi di 2019 menunjukkan bahwa minyak ikan memiliki sifat antiradang. Hal ini dapat membantu mengobati kondisi yang melibatkan peradangan kronis. Misalnya, peningkatan berat badan atau stres yang dapat memicu tingkat peradangan lebih tinggi.

7. Menjaga Kesehatan Kulit

Mengkonsumsi suplemen minyak ikan secara rutin bermanfaat untuk menjaga kesehatan kulit. Beberapa studi mengungkapkan bahwa minyak ikan dapat mencegah gangguan kulit, seperti dermatitis dan psoriasis.

8. Menjaga Kesehatan Janin

Sebuah penelitian yang dilakukan oleh Middle for Genetics, Diet and Well being menunjukkan bahwa kandungan omega-3 dalam minyak ikan dapat membantu menjaga kesehatan janin di awal kehamilan. Selain itu, minyak ikan dapat membantu meningkatkan perkembangan otak janin, namun pengaruhnya terhadap IQ masih belum diketahui.

9. Menjaga Kesehatan Tulang

Manfaat lain dari minyak ikan adalah dapat menjaga kesehatan tulang. Sebab, omega-3 dapat melindungi kepadatan mineral di bagian tulang belakang, khususnya pada orang lanjut usia.

Sebuah penelitian menunjukkan bahwa orang berusia 60-85 tahun yang rutin mengkonsumsi minyak ikan berhasil memperlambat penurunan massa otot yang disebabkan oleh faktor usia.

10. Mengurangi Lemak Hati

Suplemen minyak ikan bermanfaat untuk memperbaiki fungsi hati dan peradangan di dalam tubuh, sehingga turut membantu mengurangi gejala Non-alcoholic Fatty Liver Illness atau NAFLD.

11. Mengurangi Kram Menstruasi

Untuk para women, mengkonsumsi minyak ikan dapat membantu meredakan nyeri saat menstruasi, sehingga tidak mengganggu aktivitasmu sehari-hari.

12. Meningkatkan Hiperaktif pada Anak

Manfaat minyak ikan yang terakhir adalah dapat meningkatkan perhatian dan hiperaktif pada anak-anak. Kandungan omega-3 diyakini dapat membentuk proporsi otak secara signifikan. Namun, hal tersebut perlu dilakukan penelitian lebih lanjut.

Efek Samping Mengkonsumsi Minyak Ikan

Meski punya banyak manfaat untuk kesehatan, nyatanya mengkonsumsi suplemen minyak ikan terlalu banyak juga tidak baik. Dilansir situs Internet MD, berikut sejumlah efek samping yang ditimbulkan dari minyak ikan.

  • Mudah sakit perut
  • Timbul rasa amis di mulut
  • Napas menjadi bau amis
  • Mual
  • Ruam
  • Mulas atau diare

Informasi tambahan, mengkonsumsi lebih dari 3 gram minyak ikan setiap hari berisiko mengalami pendarahan. Efek samping yang ditimbulkan mulai dari mulas, mencret, dan mimisan.

Demikian pembahasan mengenai manfaat minyak ikan untuk kesehatan tubuh. Semoga artikel ini dapat membantu detikers.

Simak Video “Produksi Vaksin Corona Berdampak Punahnya Ikan Hiu
[Gambas:Video 20detik]
(ilf/fds)