Jakarta

Suatu hal yang regular saat kehilangan gairah seksual. Namun, jika terus menerus dalam jangka waktu yang panjang itu bisa disebabkan oleh masalah kondisi kesehatan.

Penting untuk mengetahui penyebabnya agar tidak mengganggu keharmonisan bersama pasangan. Beberapa hal umum yang menjadi penyebab menurunnya gairah seksual, di antaranya:

1. Masalah Hormon

Testosteron berguna untuk membangun otot dan massa tulang, serta merangsang produksi sperma. Tingkat testosteron juga menjadi faktor dalam dorongan gairah seksual.

Ketika kadar testosteron menurun, keinginan untuk berhubungan seksual juga menurun.

Penurunan testosteron adalah hal yang regular seiring penuaan. Namun, penurunan drastis testosteron dapat menyebabkan penurunan libido.

2. Efek Samping Obat

Ada beberapa obat yang dapat menurunkan kadar testosteron juga dapat menyebabkan libido rendah. Berikut obat-obat yang mungkin bisa berpengaruh pada libido seseorang,

– Antidepresan dengan efek serotonergik.
– Antipsikotik yang meningkatkan kadar prolaktin.
– Obat kanker prostat termasuk finasteride dan dutasteride.
– Kemoterapi
– Cimetidine (Tagamet) obat untuk gastroesophageal reflux illness (GERD).
– Kontrasepsi hormonal.
– Obat darah tinggi.
– Anabolic steroids yang digunakan atlet untuk menambah massa otot.

Konsumsi alkohol yang berlebihan juga dapat menyebabkan penurunan gairah seksual.

3. Penyakit Kronis

Saat mengidap penyakit kronis, seperti kanker kemungkinan besar aktivitas hubungan seksual tidak lagi menjadi prioritas. Kanker juga dapat mengurangi jumlah produksi sperma.
Penyakit lain yang dapat mengurangi gairah seksual, meliputi:

– Diabetes tipe 2
– Obesitas
– Tekanan darah tinggi
– Kolesterol tinggi
– Gagal ginjal, jantung, hati, dan paru-paru kronis.

4. Menopause

Tingkat testosteron berada pada puncaknya ketika pria berusia akhir remaja.

Di usia tua, mungkin butuh waktu lebih lama untuk mengalami orgasme, ejakulasi, dan terangsang. Ereksi mungkin tidak sekeras itu dan mungkin butuh waktu lebih lama bagi penis untuk ereksi.

Bagi wanita yang menua akan mengalami menopause. Testosteron pada wanita yang jumlahnya minim juga bisa menurun karna itu. Setelah menopause, kadar estrogen rendah menyebabkan penipisan dan kekeringan pada vagina sehingga menghasilkan rasa nyeri saat berhubungan seksual.

Itulah beberapa situasi dan kondisi yang mengakibatkan penurunan gairah seksual. Jika mengalami itu penting untuk mencari solusi bersama dan konsultasikan ke dokter. Agar hubungan harmonis dengan pasangan bisa terus terjaga.

Simak Video “Situasi Sekolah di Jepang yang Terpaksa Tutup Imbas Resesi Seks
[Gambas:Video 20detik]
(naf/naf)