Jakarta

Setelah berhubungan seks, biasanya beberapa orang memilih untuk santai dan mungkin langsung tertidur. Padahal, setelah berhubungan seks masih ada berbagai hal yang harus dilakukan, khususnya untuk para wanita.

Hal ini penting dilakukan demi menjaga kesehatan organ intim agar terhindar dari sejumlah penyakit. Dikutip dari laman Girls’s Well being, berikut beberapa hal yang perlu dilakukan setelah berhubungan intim.

1. Buang air kecil

Setelah melakukan hubungan seks, bakteri bisa saja masuk ke dalam uretra. Uretra merupakan saluran yang membawa urin keluar dari tubuh. Buang air kecil dapat membantu membuang kuman dari dalam uretra.

2. Bersihkan space kemaluan

Setelah berhubungan seks, penting untuk pasutri membersihkan alat kelaminnya dengan air dan sabun berbahan lembut.

Bisa juga menggunakan waslap hangat dan usap perlahan vagina menggunakan sabun dan air (atau hanya air hangat), bergerak dari depan ke belakang.

3. Penggunaan pakaian dalam yang tepat

Disarankan untuk menggunakan pakaian dalam berbahan katun ataupun yang longgar setelah berhubungan seks.

Menurut Nationwide Institute of Diabetes, Digestive and Kidney Illnesses, penggunaan pakaian dalam berbahan nilon ataupun yang ketat dapat menjebak kelembaban serta membantu pertumbuhan bakteri.

4. Minum air

Setelah berhubungan seks biasanya akan melelahkan bagi para pasangan. Untuk itu, agar mencegah dehidrasi penting untuk para wanita mengkonsumsi air. Selain mencegah dehidrasi, air juga membantu membuang bakteri sehingga menghindari risiko infeksi saluran kemih (ISK).

5. Makan makanan kaya probiotik

Mengonsumsi makanan kaya probiotik seperti yogurt dan hidangan fermentasi lainnya memiliki bakteri baik yang sama dengan yang ditemukan di vagina. Dengan konsumsi makanan ini setelah berhubungan seks dapat membantu mengisi kembali bakteri baik tubuh, membantu mengurangi risiko infeksi jamur.

Simak Video “Situasi Sekolah di Jepang yang Terpaksa Tutup Imbas Resesi Seks
[Gambas:Video 20detik]
(suc/suc)