Jakarta

Asam lambung merupakan penyakit yang banyak diidap masyarakat mulai dari para remaja, orang dewasa, bahkan lansia. Rasa nyeri ulu hati (heartburn), sensasi panas atau perih pada dada dan kerongkongan, serta rasa pahit dan asam di pangkal tenggorokan menjadi gejala penyakit asam lambung.

Pada beberapa kasus yang serius seseorang tersebut akan merasa kesulitan saat menelan makanan. Oleh karenanya melakukan pemeriksaan ke fasilitas kesehatan serta meringankan gejala asam lambung menjadi hal yang penting dilakukan. Dikutip dari laman resmi Kemenkes RI, berikut beberapa makanan bermanfaat yang bisa membantu mengatasi gejala asam lambung.

1. Sayuran

Sayuran seperti brokoli, asparagus, kembang kol, kentang, mentimun, serta sayuran berdaun hijau lainnya dapat menurunkan asam lambung pada tubuh.

2. Jahe

Sifat anti-inflamasi pada jahe dapat bermanfaat menjadi obat alami bagi penyakit asam lambung, sakit maag, serta permasalahan pencernaan lainnya.

3. Pisang

Buah dengan kandungan asam yang rendah atau tanpa asam seperti pisang menjadi makanan yang bagus untuk pengidap asam lambung, karena dapat menurunkan asam lambung.

4. Putih Telur

Konsumsi putih telur tanpa bagian kuningnya menjadi pilihan makanan yang baik bagi seseorang dengan asam lambung. Hal ini karena kandungan lemak yang cukup tinggi pada kuning telur dapat memicu gejala refluks asam lambung.

5. Yoghurt

Konsumsi yoghurt terkadang dihindari oleh pengidap asam lambung, padahal yoghurt yang sudah melalui proses fermentasi tersebut berdampak baik bagi seseorang dengan penyakit asam lambung.

Simak Video “Prinsip yang Wajib Dijaga Pengidap Asam Lambung saat Puasa dan Sahur
[Gambas:Video 20detik]
(naf/naf)