Jakarta

Memiliki tubuh ideally suited adalah impian bagi banyak orang. Salah satu cara untuk mewujudkannya adalah dengan berolahraga.

Olahraga memang dikenal sebagai metode paling ampuh untuk memangkas berat badan dan mengecilkan perut. Tak hanya itu, olahraga juga bisa membantu membentuk otot, sehingga penampilan fisik tampak semakin ‘estetik’.

Namun, mungkin tidak semua orang memiliki waktu luang untuk berolahraga. Kabar baiknya, olahraga mengecilkan perut buncit bisa dilakukan kapan saja, bahkan sebelum tidur.


ADVERTISEMENT


SCROLL TO CONTINUE WITH CONTENT

Tapi perlu diingat, lakukanlah olahraga mengecilkan perut buncit beberapa jam sebelum tidur agar tidak mengganggu kualitas dan waktu beristirahat. Selain itu, hindari juga olahraga yang bersifat terlalu berat.

Olahraga Sebelum Tidur untuk Menghilangkan Perut Buncit

1. Leg Increase

Umumnya, olahraga yang berhubungan dengan perut bertujuan untuk mengencangkan otot-otot yang ada di bagian tersebut. Dengan begitu, perut menjadi terlihat lebih ramping dan tidak melebar.

Nah, salah satu olahraga yang bisa dilakukan adalah leg elevate. Olahraga ini fokus untuk melatih otot perut bagian bawah. Cara melakukannya dimulai dengan berbaring telentang. Kemudian luruskan kedua kaki dan angkat perlahan ke atas dengan posisi lurus, sambil mengangkat pinggul setinggi mungkin.

2. Plank

Plank adalah olahraga yang efektif untuk mengencangkan otot-otot tubuh, termasuk perut. Cara melakukan plank adalah dengan memposisikan tubuh seperti akan push-up, kemudian letakkan kedua tangan dan siku lurus sejajar dengan bahu. Tahan posisi tersebut selama beberapa saat.

Usahakan untuk menjaga agar posisi tubuh sejajar dari kepala hingga ujung kaki selama melakukan plank. Untuk menambah intensitas, bisa juga dengan melakukan berbagai variasi plank, seperti facet plank atau elbow plank.

3. Glute Bridge

Glute bridge cocok dilakukan jika ingin mengencangkan perut dan bokong. Cara melakukan latihan ini adalah dengan berbaring telentang dengan lutut ditekuk. Kemudian, dorong pinggul ke atas sambil otot core dan bokong.

Tahan posisi tersebut selama beberapa detik, kemudian turunkan pinggul hingga mencapai lantai. Ulangi gerakan tersebut beberap kali.

4. Russian Twist

Russian twist merupakan salah satu olahraga dengan intensitas rendah yang cocok dilakukan sebelum tidur. Cara melakukannya pun tidaklah sulit.

Mulai dengan posisi duduk sambil mengangkat kedua kaki dan menekuk lutut. Miringkan tubuh bagian atas sedikit ke arah belakang, kemudian putar tubuh bagian atas ke kanan dan kiri secara bergantian. Genggam kedua tangan dan letakkan di atas perut untuk membantu menyeimbangkan posisi tubuh selama melakukan latihan ini.

5. Bicycle Crunches

Sesuai namanya, bicycle crunches adalah salah satu variasi dari gerakan crunches yang berfungsi untuk mengencangkan dan membentuk otot perut.

Untuk melakukan bicycle crunches, mulailah dengan posisi crunches biasa. Letakkan kedua tangan di belakang kepala, dan angkat kaki hingga betis dan paha membentuk sudut 90 derajat. Kemudian, lakukan gerakan seperti mengayuh sepeda hingga lutut kiri menyentuh siku kanan dan sebaliknya. Idealnya, lakukan gerakan ini sebanyak 12-20 kali repetisi dalam tiga set.

6. Push-up Maintain

Sama seperti plank, gerakan push-up maintain fokus untuk mengencangkan otot perut, bokong, paha, dan betis. Untuk melakukan latihan ini, mulailah dari posisi plank terlebih dahulu.

Alih-alih menggunakan siku sebagai tumpuan, posisikan kedua tangan seperti hendak push-up. Kemudian, turunkan tubuh secara perlahan dan tahan posisi tersebut selama mungkin.

Simak Video “Mematahkan Mitos Olahraga Malam Tak Baik
[Gambas:Video 20detik]
(ath/kna)