Apa itu SERAMBE BANYUASIN ???

Seiring dengan perkembangan teknologi informasi dan komunikasi, Dinas Kesehatan  Kabupaten Banyuasin memanfaatkan peluang ini dengan cara mengembangkan dan menggunakan aplikasi serambe banyuasin internet dan serambe banyuasin chat sebagai sarana informasi kesehatan dan konsultasi kesehatan serta sebagai ruang pengaduan untuk menyampaikan informasi berbagai penyakit.

Serambe banyuasin adalah sisrtem informasi program kesehatan berbasis elektronik yang dapat digunakan untuk pencataatan pelaporan, pemetaan pasien salah satunya adalah Tuberkulosis (TB) serta penyakit lainnya berbasis web site yang bisa diakses secara on-line dan juga serambe banyuasin chat. Banyuasin chat di gunakan melalui scan barcode kemudian akan muncul layanan edukasi kesehatan, chat dengan operator dan berita terbaru.

Didalam edukasi kesehatan terdapat pilihan informasi berupa penyakit TB, penyakit HIV, Diabetes Mellitus, kesehatan Jiwa, Hipertensi, Imunisasi, Gizi.  

TBC adalah penyakit yang disebabkan  bakteri mycobacterium tuberculosis (Mtb). Indonesia termasuk negera dengan beban TBC tinggi dimana saat ini Indonesia menduduki peringkat kedua di dunia dengan insiden sebesar 845.000 atau sebesar 193/100.000 penduduk. Dengan angka kematian sebanyak 98.000 atau sebesar 40/100.000 penduduk.

Penerapan serambe banyuasin diharapkan mampu meningkatkan capaian program TB dan program kesehatan lainnya dan program kesehatan lainnya. Informasi capaian indicator lengkap dengan beragam analisisnya dapat segera diketahui sehingga pimpinan serta stakeholder dapat pimpinan serta stakeholder dapat melakuka monitoring agar permasalahan yang terjadi dapat segera diatasi untuk meningkatkan capaian program Dinas Kesehatan Kabupaten Banyuasin.

Sesuai dengan komitmen international, pemerintah Indonesia telah menetapkan arah (highway map) untuk menuju eliminai TB di Indonesia pada tahun 2030, maka perlunya tindak lanjut di Kabupaten Banyuasin untuk melaksanakan kegiatan workshop kader dan operator  serambe banyuasin (Sistem Informasi Program Kesehatan Berbasis Elektronik di Kabupaten Banyuasin)

Hal ini diharapkan information meneruskan strategi TOSS TB (Temukan, Obati Sampai Sembuh Penderita RTB) dengan menyusun peta jalan eliminasi TB, penemuan intensif, aktif dan masif serta kemitraan dan mobilisasi sosial).