Jakarta

Akhir-akhir ini, kondisi udara Jakarta dan sekitarnya terpantau tidak sehat. Dilansir dari laman IQair, indeks kualitas udara Jakarta saat ini adalah 166. Sedangkan indeks kualitas udara yang baik adalah 0-50.

Kualitas udara pada indeks 151-200 tergolong dapat merugikan manusia ataupun sekelompok hewan yang sensitif. Selain itu, kualitas udara yang tidak sehat dapat menyebabkan kerusakan pada tumbuhan dan juga nilai estetika.

Dikutip dari laman Organisasi Kesehatan Dunia (WHO), paparan polusi udara dapat meningkatkan risiko terjadinya gangguan paru-paru. Racun polusi udara dapat memasuki paru-paru dan terperangkap di dalam lendir.

Lantas, bagaimana cara untuk membersihkannya?

Cara Membersihkan Paru-paru

Dikutip dari situs Medical Information Right this moment, berikut cara untuk membersihkan paru-paru:

Terapi uap

Ketika kualitas udara sedang tidak sehat, seseorang yang memiliki masalah pada paru-paru dapat mengalami gejala yang memburuk. Terapi uap dapat membantu untuk mengencerkan lendir yang ada di paru-paru.

Uap air memberikan kelembaban dan kehangatan, sehingga lebih mudah untuk bernapas. Selain itu, menghirup uap dapat membantu mengencerkan lendir, meredakan sakit tenggorokan, dan manfaat kesehatan lainnya.

Batuk terkontrol

Batuk merupakan cara alami tubuh untuk mengeluarkan racun yang terperangkap pada lendir di dalam paru-paru. Batuk terkontrol dapat mengurangi lendir dan mengirimkannya melalui saluran udara.

Berikut langkah-langkah yang dapat dilakukan untuk membersihkan paru-paru:

  1. Duduk di kursi dengan bahu yang rileks, jaga kedua kaki rata di lantai
  2. Lipat tangan di atas perut
  3. Tarik napas melalui hidung secara perlahan
  4. Perlahan hembuskan napas sambil mencondongkan tubuh ke depan dan dorong lengan ke arah perut
  5. Batuk sebanyak 2 sampai 3 kali saat menghembuskan napas dan jaga mulut sedikit berbuka
  6. Tarik napas secara perlahan melalui hidung
  7. Istirahat dan ulangi tahapan apabila dirasa perlu.

Drainase postural

Drainase postural dilakukan dengan cara berbaring dalam posisi yang berbeda untuk mengeluarkan lendir. Latihan ini dapat membantu mengobati atau mencegah infeksi paru-paru dan serta meningkatkan kinerja pernapasan

Berikut beberapa cara untuk melakukan drainase postural:

Berbaring:

  1. Berbaring di tempat tidur atau lantai
  2. Letakkan bantal di bawah pinggang untuk memastikan posisi dada lebih rendah
  3. Bernapas melalui hidung secara perlahan dan keluarkan dari mulut. Ketika menghembuskan napas harus dua kali lebih pelan dari menarik napas, pola ini disebut 1:2 pernapasan.

Miring:

  1. Berbaring miring dan letakkan kepala di bantal atau lengan
  2. Letakkan bantal di bawah pinggang
  3. Lakukan pola pernapasan 1:2
  4. Lakukan selama beberapa menit
  5. Ulangi di sisi yang lain.

Tengkurap:

  1. Letakkan beberapa bantal di lantai
  2. Tengkurap dengan perut di atas bantal. Pada teknik ini, dada tetap harus lebih rendah dari pinggang
  3. Lakukan pola pernapasan 1:2
  4. Lakukan selama beberapa menit.

Berolahraga

Berolahraga secara teratur dapat membantu seseorang untuk menjaga kesehatan paru-parunya. Saat melakukan olahraga, otot akan dipaksa bekerja lebih keras sehingga dapat meningkatkan pernapasan tubuh dan menghasilkan oksigen yang lebih besar ke otot.

Selain itu, olahraga juga dapat meningkatkan sirkulasi darah sehingga membuat tubuh menjadi efisien dalam membuang kelebihan karbon dioksida, yang diproduksi tubuh saat berolahraga.

Konsumsi teh hijau

Mengonsumsi teh hijau mengandung banyak antioksidan. Antioksidan dapat membantu untuk mengurangi peradangan di paru-paru. Senyawa ini dapat melindungi jaringan paru-paru dari efek berbahaya akibat menghirup asap.

Konsumsi makanan anti inflamasi

Mengonsumsi makanan anti inflamasi dapat mengurangi peradangan yang bisa mengganggu pernapasan dan membuat pernapasan menjadi berat. Zat anti inflamasi terdapat dalam sejumlah makanan yaitu:

  • Zaitun
  • Kunyit
  • Sayuran hijau
  • Blueberry
  • Ceri
  • Kenari
  • Kacang-kacangan.

Menepuk dada perlahan

Menepuk dada dapat membantu mengencerkan lendir dan membersihkannya dari paru-paru. Teknik ini dilakukan oleh ahli dengan menepuk bagian dada untuk mengeluarkan dinding yang terperangkap.

Itu tadi beberapa cara yang bisa kamu lakukan untuk membersihkan paru-paru dari lendir. Apabila kondisi kesehatanmu tak kunjung membaik, segera memeriksakan diri ke dokter. Semoga bermanfaat!

Simak Video “Seputar RSV, Virus Pernapasan yang Rentan Menjangkit Bayi
[Gambas:Video 20detik]
(row/row)