Jakarta

Pertanyaan:

Saya penderita sakit asam lambung/GERD yang cukup parah. Setiap saya beraktifitas fisik, dada terasa sesak, ada sedikit nyeri di ulu hati.

Harus istirahat atau diam beberapa saat, baru regular kembali. Padahal sakit GERD saya tidak sedang kambuh. Bagaimana solusinya? Terima kasih.

KR (pria, 41 tahun)

Jawaban:

Sebaiknya dilakukan pemeriksaan terlebih dahulu untuk dipastikan, apakah benar penyebab sesak napasnya pada bapak hanya karena GERD (Gastroesophageal Reflux Illness). Selain masalah lambung/GERD, sesak napas juga dapat disebabkan masalah di organ jantung dan juga paru-paru

Untuk pengaruh aktivitas fisik yang menyebabkan GERD itu tidak ada. Kembali lagi, untuk memastikan, sebaiknya dilakukan pemeriksaan lebih lanjut. Sehingga tahu tindakan apa yang bisa dilakukan untuk sakit lambung/GERD.

dr Nur Asicha, SpPD

Dokter Spesialis Penyakit Dalam

Primaya Hospital Bekasi Barat

Tentang Konsultasi Kesehatan

Pembaca detikcom yang memiliki pertanyaan seputar skoliosis, nyeri punggung dan tulang belakang, dapat mengirimkan pertanyaan disertai keterangan nama, usia, dan jenis kelamin melalui type Konsultasi detikHealth, KLIK DI SINI.

Identitas penanya bisa ditulis terang atau disamarkan, disesuaikan dengan keinginan pembaca. Kerahasiaan identitas dijamin.

Mau tahu kondisi psychological well being kamu? Coba ikutan tes psikologi DI SINI.

Simak Video “Aduh! Saat Puasa GERD Kambuh
[Gambas:Video 20detik]
(sao/kna)