Jakarta

Gedung Putih akhirnya buka suara terkait kabar mengenai garis-garis di wajah Presiden AS Joe Biden dalam beberapa hari terakhir. Dalam pernyataannya pada Rabu (28/6), garis-garis yang ada di wajah Biden itu muncul imbas alat yang digunakannya untuk membantu mengatasi gangguan napas saat tidur.

“Presiden Joe Biden dalam beberapa pekan terakhir telah mulai menggunakan mesin steady optimistic airway stress, atau CPAP, di malam hari untuk membantu sleep apnea,” kata Gedung Putih, seperti dikutip dari Related Press, Minggu (29/6).

Mesin CPAP merupakan ventilator yang menghasilkan satu stage tekanan udara positif yang konstan dan terus menerus diberikan kepada pasien dengan tujuan supaya saluran pernapasan pasien tetap terbuka. Sekitar lima juta orang Amerika telah mencobanya.

Lebih lanjut, Biden sendiri telah mengungkapkan sejak 2008 bahwa dirinya memiliki riwayat sleep apnea, kondisi pernapasan yang dapat berhenti mendadak dalam sekian detik. Juga, ini biasanya terjadi di malam hari.

“Biden menggunakan mesin itu (mulai) Selasa malam,” kata pejabat Gedung Putih.

Garis-garis di wajahnya terlihat jelas saat dia berangkat Rabu pagi untuk berpidato di Chicago.

Riwayat Biden dengan kondisi tersebut telah lama terungkap, tetapi tidak dijelaskan selama pemeriksaan fisik terakhirnya di bulan Februari.

Pada saat ia menjadi wakil presiden, dokter mencatat bahwa pria berusia 80 tahun itu memiliki detak jantung tidak teratur yang mungkin terkait dengan apnea.

“Sekitar 30 juta orang di AS diperkirakan memiliki kondisi tersebut, meski hanya sekitar 6 juta yang didiagnosis mengidapnya,” menurut American Medical Affiliation.

Pada orang dengan kondisi ini, otot tenggorokan dan lidah mengendur, dan menyumbat jalan napas saat tidur. Biasanya ini dipicu karena obesitas, penuaan, atau struktur wajah.

Mereka berhenti bernapas, terkadang hingga satu menit dan ratusan kali setiap malam, dan terbangun dengan terengah-engah. Ini membuat tidur mereka tidak nyenyak.

Simak Video “Joe Biden Sebut Pandemi di AS Sudah Berakhir
[Gambas:Video 20detik]
(suc/suc)