Jakarta

Banyak orang mencari-cari cara untuk hidup awet muda, dengan harapan bisa hidup bebas dari penyakit dan panjang umur. Seringkali terdengar, kunci untuk hidup panjang umur ini tak jauh-jauh dari gaya hidup sehat, rutin berolahraga, dan menjaga asupan makan.

Seorang dokter pengobatan regeneratif dan umur panjang, Neil Paulvin menjelaskan banyak orang tidak sadar, sebenarnya kunci untuk membuat fisik awet muda ada pada kebiasaan tidur. Sebab saat tidur, tubuh menyembuhkan dirinya sendiri.

Tidur dengan durasi tujuh hingga delapan jam setiap malam membantu meningkatkan kesehatan sel dan jaringan, fungsi kognitif, kekebalan, tingkat energi, dan metabolisme.

Sebaliknya, kondisi kekurangan tidur dapat menyebabkan berbagai masalah kesehatan seperti tekanan darah tinggi, depresi, obesitas, stroke, diabetes, dan penyakit jantung. Lebih lagi, kurang tidur juga bisa memicu masalah berupa:

1. Kerutan dan penuaan kulit dini

Kulit terdiri dari beberapa protein, termasuk kolagen dan elastin yang membantu menjaganya tetap kencang seiring pertambahan usia.

Beberapa penelitian menunjukkan bahwa kurang tidur dapat mempengaruhi kualitas dan kekuatan kolagen dan elastin. Efeknya, akan mudah timbul kerutan dan kulit kendur, atau kendur.

2. Gangguan kognitif

Dalam jangka pendek, kurang tidur dapat menyebabkan penurunan keterampilan motorik, memperlambat pemrosesan informasi, serta mengurangi rentang perhatian dan kapasitas emosional.

Dalam jangka panjang, masalah tidur dapat meningkatkan risiko penurunan kognitif, gangguan memori, dan penyakit Alzheimer.

3. Melemahnya kekebalan tubuh

Ibaratnya, garis pertahanan pertama tubuh kita adalah sistem kekebalan tubuh kita. Saat tidur, sistem kekebalan tubuh menghasilkan sel-sel yang membantu tubuh melawan patogen yang dapat membuat tubuh sakit. Di akhir siklus tidur, sel-sel bermigrasi ke bagian tubuh yang membutuhkannya.

Penelitian menunjukkan bahwa ketika tidur terganggu, tubuh mungkin tidak mampu melawan penyerang tersebut secara efektif. Selain itu, waktu pemulihan dari penyakit mungkin memerlukan waktu lebih lama.

Simak Video “Menjaga Kecantikan Lewat Tidur Cukup dan Berkualitas
[Gambas:Video 20detik]
(vyp/vyp)