Jakarta

Dokter-dokter yang bekerja di Jalur Gaza menceritakan bagaimana momen mengerikan terjadi ketika rudal Israel menghantam Rumah Sakit Baptis Al Ahli pada Selasa (19/10/2023). Kejadian mengejutkan tersebut menewaskan sekitar lima ratusan orang.

Seorang ahli bedah asal London yang bekerja di Gaza menceritakan bagaimana situasi ketika ledakan besar terjadi di Rumah Sakit Al Ahli. Dr Ghassan Abu-Sittah menuturkan bahwa beberapa bagian dari rumah sakit terbakar.

“Ada pecahan kaca di mana-mana. Banyak orang yang mencari perlindungan di rumah sakit,” cerita Ghassan dikutip dari BBC, Kamis (19/10/2023).


ADVERTISEMENT


SCROLL TO CONTINUE WITH CONTENT

“Kami sedang melakukan operasi di rumah sakit, terjadi ledakan yang kuat dan langit-langit di ruang operasi berjatuhan. Ini adalah pembantaian,” sambungnya.

Ghassan menuturkan bahwa ia harus bekerja setiap hari hingga jam satu pagi. Ia menambahkan bahwa 40 persen pasien yang datang padanya adalah anak-anak.

Cerita serupa diungkapkan Kepala Departemen Ortopedi Dr Fadel Na’eem, kala itu ia sedang melakukan tindakan operasi.

“Aku baru saja menyelesaikan operasi, tiba-tiba kami mendengar ledakan besar. Kami mengira itu terjadi di luar rumah sakit karena kami tidak mengira mereka akan mengebom rumah sakit,” ujar Fadel dikutip dari CNN.

“Tim medis bergegas untuk merawat korban luka dan sekarat, tetapi besarnya kerusakan yang ditimbulkan sangat besar. Jumlahnya sangat besar sehingga kami tidak bisa berbuat apa-apa,” sambungnya.

Korban Ledakan RS Baptis Al-Ahli

Menurut kabar terbaru yang disampaikan oleh pihak Kementerian Kesehatan Palestina, jumlah korban serangan rudal Israel di RS Baptis Al-Ahli mencapai 471 orang. Jubir Kemenkes Palestina Ashraf Al Qudra menuturkan bahwa 342 orang mengalami luka-luka dan 28 di antaranya berada dalam kondisi serius.

Lebih lanjut, Kemenkes Palestina menuturkan bahwa 70 persen korban dari serangan tersebut adalah anak-anak, wanita, dan orang tua. Sejauh ini, complete sudah ada 3.478 warga Palestina yang tewas akibat serangan Israel.

Simak Video “Kondisi Rumah Sakit di Gaza Seusai Pemadaman Listrik
[Gambas:Video 20detik]
(avk/naf)