Jakarta

Ikan sembilang adalah jenis ikan yang termasuk kelas Actinopterygii, ordo Siluriformes, famili Plotosidae. Ikan ini memiliki nama latin Plotosus canius atau dalam bahasa Inggris populer dengan nama Striped Eel-Catfish.

Dikutip dari jurnal milik Universitas Maritim Raja Ali Haji, ikan ini masih kerabat dengan ikan lele. Bisa dilihat dari bentuk tubuhnya yang mirip dengan lele.

Ikan sembilang merupakan salah satu ikan bernilai ekonomis. Harganya di pasaran kisaran Rp 25.000 – Rp 40.000 per kilogram. Ukuran yang lebih besar dan jenis betina bertelur bisa punya harga yang lebih mahal. Karena itu, ikan ini banyak diburu oleh para nelayan di Indonesia.

Di Indonesia, ikan sembilang terdiri dari dua jenis yakni; ikan sembilang karang belang hitam putih dan ikan sembilang yang umumnya dikenal mirip ikan lele.

Habitat Ikan Sembilang

Ikan sembilang hidup di perairan muara, laguna, laut, dan payau. Selain itu, ikan ini juga mampu hidup di perairan pantai, kawasan terumbu atau laut dangkal yang tidak terlalu luas berdasar gundukan batuan koral atau gamping.

Karena hidup di perairan laut dan menyerupai ikan lele, sebagian orang menyebut ikan sembilang dengan lele laut.

Tak hanya di perairan Indonesia, ikan sembilang tersebar di perairan pantai Indo-Pasifik dan kepulauan Indo-Australia. Ikan ini bisa dijumpai di pantai India, Sri Lanka, Australia, maupun Papua Nugini. Ikan sembilang dapat ditemukan pula di sepanjang pantai Bangladesh, Burma, hingga Filipina.

Karakteristik Ikan Sembilang

Ikan sembilang hampir mirip dengan ikan lele. Yang membedakannya, ikan sembilang punya tiga patil. Satu patil di bagian punggung, dan dua di bagian sirip. Ciri khas ikan ini adalah menyatunya sirip punggung kedua, yaitu sirip ekor dan sirip anus.

Bentuk tubuh ikan ini agak memanjang dengan warna kecoklatan gelap. Pada sebagian ikan ditemukan dua garis kecil putih yang melewati sampai kepala. Bagian kepalanya terdapat empat pasang sungut pendek dan punya bentuk ekor seperti belut. Ikan ini juga punya duri kuat di depan sirip punggung dan dada

Panjang tubuh ikan sembilang bisa mencapai 30-70 cm. Bahkan di perairan India, ikan ini memiliki ukuran kisaran 80-150 cm.

Ikan sembilang termasuk ikan karnivora yang memakan ikan-ikan lain berukuran lebih kecil. Selain itu, ikan ini juga memangsa hewan lain yang hidup di dasar perairan, seperti kelompok gastropoda, moluska, dan krustasea.

Manfaat Ikan Sembilang

Sebagai ikan yang banyak ditangkap untuk dikonsumsi, ikan sembilang diyakini punya sejumlah manfaat. Menukil buku Sejuta Cerita Kampung Laut susunan Emiliani, dkk, berikut klaim manfaat ikan sembilang:

  • Membantu dalam masa kehamilan
  • Mengurangi rasa nyeri saat haid
  • Pelindung jantung
  • Menurunkan tekanan darah
  • Mencegah penggumpalan darah
  • Mengurangi penyumbatan di pembuluh darah
  • Mengurangi kolesterol tinggi
  • Membantu proses pencernaan.

Meski demikian, belum ada penelitian atau studi lebih lanjut mengenai manfaat dari ikan sembilang ini. Tapi sebagaimana ikan pada umumnya, ikan sembilang mungkin bisa menjadi salah satu sumber gizi lantaran mengandung nutrisi seperti asam lemak omega-3, protein, mineral, hingga vitamin.

Apakah Ikan Sembilang Beracun?

Sebelumnya telah disebutkan bahwa ikan sembilang memiliki tiga patil. Dilansir laman kebudayaan.kemdikbud.go.id, ketiga patil inilah yang disebut mengandung racun yang punya efek kuat.

Apabila detikers terkena racun ini, maka orang itu bisa merasakan nyeri luar biasa, jantung berdebar, serta tubuh yang terasa panas dingin.

Ahli menjelaskan kebanyakan dari serangan hewan laut tidaklah berbisa. Namun serangan itu dapat menyebabkan nyeri atau bengkak pada jaringan atau bagian tubuh yang terkena.

Pembengkakan mungkin saja disebabkan oleh infeksi kuman atau sebagian efek dari bisa hewan laut. Tapi, sifat-sifat bisa yang ada di spesies hewan laut belum banyak dikenal karena minim diketahui.

Jika terkena patil ikan sembilang yang diyakini beracun misalnya, kamu bisa pergi ke dokter untuk melakukan pemeriksaan lebih lanjut. Biasanya, dokter akan memberikan antibiotik dan obat antiradang untuk atasi pembengkakan.

Terkadang gigi atau patil dari hewan laut bisa saja tertinggal di dalam jaringan tubuh dan menjadi sumber infeksi. Karena itu, gigi atau patil tersebut perlu diangkat. Sebelumnya mungkin diperlukan pemeriksaan foto rontgen terlebih dahulu.

Untuk penanganan sementara waktu jika terkena patil ikan sembilang, detikers bisa coba berikan kompres dingin pada bagian yang bengkak dan minum obat pereda nyeri seperti parasetamol.

Itulah penjelasan mengenai ikan sembilang, mulai dari habitat hingga manfaatnya. Oh iya, detikers juga bisa coba pengobatan sementara seperti dijelaskan di atas apabila terkena patil ikan sembilang sebelum menemui dokter, ya.

Simak Video “Produksi Vaksin Corona Berdampak Punahnya Ikan Hiu
[Gambas:Video 20detik]
(fds/fds)