Jakarta

Seorang pria bernama Nicolas Kratka baru-baru ini viral lantaran nekat memakan cacing pita demi menghasilkan video bagus untuk menarik perhatian netizen. Imbas hal tersebut, ia malah berakhir masuk RS.

Kejadian ini bermula saat pria di AS itu tengah memancing dan menangkap ikan bass. Ia kemudian memotongnya dan menyadari bahwa ikan tersebut penuh dengan cacing parasit.

Alih-alih membersihkan atau membuangnya, Nicolas malah memakan hasil tangkapannya. Tak lama setelah itu, Nicolas mulai mengalami efek samping yang parah dan harus segera ke dokter untuk mendapat perawatan.


ADVERTISEMENT


SCROLL TO CONTINUE WITH CONTENT

“Yang sebenarnya terjadi adalah perut saya mulai terasa sakit. Ketika saya pergi ke dokter, katanya kemungkinan besar cacing itu akan menyebar ke mata dan otak saya, yang akan membunuh saya jika saya tidak bertindak cepat,” kata pria berusia 33 tahun itu, dikutip The Solar.

“Aku pergi ke kamar mandi tanpa henti, perutku terasa mual,” katanya.

Dokter pun memberikan beberapa antiparasit untuk mengobati kondisi Nicolas lantaran tak begitu yakin dengan jenis cacing yang ada di dalam ikan.

Meski mengalami kondisi tersebut, Nicolas mengaku pengalamannya memakan cacing tidak menghalanginya untuk mencoba makanan lain yang tidak biasa dan berpotensi berbahaya di masa mendatang.

“Saya tidak menyesal,” katanya.

“Saya akan terus makan ekstrem selama saya masih hidup,” sambungnya lagi.

Di sisi lain, dirinya memperingatkan orang lain untuk tak mengikuti hal yang dilakukannya lantaran membahayakan.

“Beberapa cacing menyebabkan kejang, kerusakan otot, dan Anda bisa kehilangan penglihatan karena cacing masuk ke sana,” Nicolas menambahkan.

Cacing pita adalah cacing parasit pipih yang hidup di usus hewan inang dan biasanya menginfeksi banyak hewan berbeda, termasuk manusia, kucing peliharaan, dan hewan peliharaan.

Seperti parasit lainnya, cacing pita hanya dapat bertahan hidup di dalam tubuh hewan inangnya dan memakan nutrisi yang dimiliki inangnya. Kepalanya menempel pada bagian dalam usus dan menyerap nutrisi dari makanan yang dicerna di sana.

Dikutip dari Healthline, cacing pita dapat menempel pada berbagai organ di saluran pencernaan dan menyebabkan kerusakan serius. Beberapa gejala yang bisa dialami, di antaranya:

  • Diare
  • Sakit perut
  • Mual
  • Kelemahan
  • Demam

Anda mungkin juga menjadi korban infeksi bakteri, masalah neurologis, dan bahkan berisiko meninggal.

Simak Video “Sederet Efek Samping Berbahaya dari Penggunaan Obat Ivermectin
[Gambas:Video 20detik]
(suc/suc)