Jakarta

Baru-baru ini, viral kuliner teh kocok ‘banjir’ kental manis di media sosial. Minuman teh tersebut disajikan dengan telur yang diberi kental manis dan susu bubuk.

“Ngasih susu kental manis sampai tumpah-tumpah,” demikian narasi dalam video tersebut dilihat detikcom, Rabu (28/6/2023).

Melihat itu, tidak sedikit warganet yang merasa khawatir soal kandungan gula di dalam minuman tersebut. Banyak yang mewanti-wanti adanya risiko diabetes di masa depan jika mengkonsumsi itu terlalu banyak.

Apa Kata Dokter?

Spesialis penyakit dalam dr Aru Ariadno, SpPD menyebut minuman teh kocok viral yang banjir SKM itu kalorinya sangat tinggi. Jika sering dikonsumsi, kadar gula darah di dalam tubuh juga akan meningkat.

“Jadi kalau minuman viral itu pasti kalorinya tinggi, pasti gulanya tinggi. Pada orang dengan diabetes, itu pasti akan menaikkan gula darah,” ujarnya saat dihubungi detikcom, Rabu (28/6/2023).

dr Aru juga mengungkapkan konsumsi gula yang berlebihan bisa mengakibatkan insulin menjadi resisten, yakni ketidakmampuan tubuh mengubah metabolisme gula menjadi energi. Kondisi itu menyebabkan terjadinya peningkatan kadar gula dalam darah, sehingga meningkatkan risiko diabetes dan obesitas.

“Kalau orang yang tidak diabetes mungkin tidak langsung menaikkan gula darah, karena sistem insulinnya masih baik,” jelas dr Aru.

“Tapi, pada kasus pasien diabetes di mana kemampuan insulinnya kurang baik, maka gulanya langsung naik dan berbahaya,” sambungnya.

NEXT: Kekhawatiran Lonjakan Kasus Diabetes di Indonesia