Jakarta

Kanker tulang merupakan salah satu jenis kanker yang sering ditemui di Indonesia. Berbeda dengan jenis kanker lainnya, informasi mengenai gejala kanker tulang masih sedikit. Oleh karena itu, kanker tulang sering didiagnosis dalam keadaan terlambat.

Yuk kita simak penjelasan lebih lanjut terkait kanker tulang.

Pengertian Kanker Tulang

Dikutip dari situs Cleveland Clinic, kanker tulang merupakan jenis kanker yang berkembang di tulang. Ketika sel kanker tumbuh di tulang maka hal itu akan merusak jaringan tulang yang regular. Jenis jaringan dan sel tempat kanker bermula akan menentukan jenis kanker tulang.

Jenis kanker yang terbentuk di tulang disebut dengan kanker tulang primer. Tumor yang berasal dari organ lain pun dapat menyebar ke tulang dan bagian tubuh lainnya. Kondisi itu disebut dengan kanker tulang sekunder. Tumor payudara, paru-paru, dan prostat merupakan tumor yang paling sering menyebar ke tulang.

Faktor Risiko Kanker Tulang

Dikutip dari Panduan Penatalaksanaan Osteosarkoma oleh Komite Penanggulangan Kanker Nasional, berikut beberapa faktor resiko dari kanker tulang:

1. Senyawa kimia

Terdapat beberapa senyawa kimia yang dapat menyebabkan perubahan genetik, contohnya Methylcholanthrene.

2. Virus

Beberapa virus dapat menyebabkan kurang responsif terhadap kemoterapi. Contohnya Rous sarcoma virus yang mengandung gen V-Src dan proto-onkogen dan virus FBJ yang memiliki proto-onkogen c-Fos.

3. Terpapar radiasi

4. Penyakit lain

5. Genetik

6. Lokasi implan logam.

Gejala Kanker Tulang

Dikutip dari situs Mayo Clinic, berikut beberapa tanda dan gejala kanker tulang:

  • Sakit tulang
  • Pembengkakan
  • Nyeri tulang
  • Melemahnya tulang
  • Kelelahan
  • Penurunan berat badan yang tidak terkondisikan.

Jenis-jenis Kanker Tulang

Dikutip dari situs Nationwide Well being Service, berikut beberapa jenis kanker tulang:

1. Osteosarcoma

Osteosarcoma merupakan jenis kanker tulang yang paling umum. Osteosarcoma merupakan jenis kanker tulang yang berkembang di sel tempat jaringan tulang baru terbentuk. Biasanya, penyakit ini dimulai pada ujung tulang besar seperti lengan dan kaki. Sebagian besar jenis ini menyerang pada anak-anak dan dewasa muda di bawah 20 tahun.

2. Sarkoma Ewing

Sarkoma ewing merupakan jenis kanker tulang yang sering menyerang orang berusia 10 hingga 20 tahun. Sarkoma Ewing dapat terbentuk di tulang dan jaringan lunak di sekitarnya. Penyakit ini paling sering tumbuh di pinggul, tulang rusuk, dan tulang belikat.

3. Chondrosarcoma

Chondrosarcoma cenderung menyerang orang dewasa yang berusia di atas 40 tahun. Chondrosarcoma merupakan jenis kanker yang bermula pada tulang rawan. Kanker ini biasanya terbentuk pada kaki, panggul, dan tulang lengan.

Cara Mengobati Kanker Tulang

Berikut beberapa cara mengobati kanker tulang yang diresepkan dokter:

1. Operasi

Operasi untuk mengangkat bagian tulang yang terkena kanker. Seringkali dikombinasikan dengan pengobatan lain. Amputasi pun mungkin diperlukan apabila kanker telah menyebar hingga ke pembuluh darah atau saraf dan mengalami infeksi setelah operasi. Kanker yang menyebar pada bagian tubuh yang tidak memungkinkan untuk operasi pengangkatan anggota tubuh pun juga mungkin diperlukan amputasi. Contohnya yaitu pergelangan kaki.

2. Kemoterapi

Kemoterapi merupakan pengobatan dengan obat memusnahkan kanker yang ampuh. Kemoterapi memiliki beberapa efek samping seperti diare, rambut rontok, kelelahan, infertilitas, dan sariawan.

Terdapat 4 cara kemoterapi untuk mengobati kanker tulang:

– Sebelum operasi

Untuk mengecilkan tumor dan mempermudah pembedahan

– Dikombinasikan dengan radioterapi

Pendekatan ini bekerja dengan efektif saat pengobatan Sarkoma Ewing

– Setelah operasi

Kemoterapi saat setelah operasi berfungsi untuk mencegah kembalinya kanker

– Kemoterapi paliatif

Kemoterapi paliatif untuk mengendalikan gejala jika penyembuhan tidak memungkinkan.

3. Radioterapi

Radioterapi dapat dilakukan saat sebelum dan sesudah operasi untuk mengobati kanker tulang. Radioterapi untuk kanker tulang menggunakan pancaran radiasi yang diarahkan ke bagian tulang yang terkena kanker.

Terdapat beberapa efek samping dari radioterapi yaitu iritasi, nyeri sendi, rambut rontok pada bagian tubuh yang dirawat, dan kelelahan.

Itulah tadi penjelasan mengenai kanker tulang. Semoga bermanfaat, detikers!

Simak Video “Inggris Luncurkan Obat Suntik untuk Kanker Pertama di Dunia
[Gambas:Video 20detik]
(row/row)