Jakarta

Pria obesitas berbobot 200 kg, Cipto Raharjo, telah dirujuk ke RS Cipto Mangunkusumo (RSCM). Cipto dirujuk agar mendapatkan penanganan yang lebih intensif.

“Sudah (dirujuk ke RSCM) tadi sekitar jam 14-15,” kata Humas RSUD Kota Tangerang, drg Fika saat dihubungi detikcom, Selasa (11/7/2023).

Fika mengatakan dirujuknya pria obesitas berusia 45 tahun itu lantaran membutuhkan perawatan dari dokter ahli seperti endokrin dan bedah vaskuler. Peralatan penunjang untuk perawatan obesitas juga lebih lengkap di RSCM.

“Karena keterlibatan alat diagnostik dan juga membutuhkan konsultasi dokter spesialis seperti endokrin dan bedah vaskuler,” jelasnya.

Sebelum dirujuk ke RSCM, kondisi Cipto dipastikan sudah stabil. Dia sebelumnya mengalami sesak napas saat dibawa ke RSUD Kota Tangerang.

Sebelumnya, pihak RSUD melaporkan, Cipto Raharjo dievakuasi dari rumah tempat tinggalnya pada Selasa (4/7/2023). Cipto tiba di rumah sakit sekitar pukul 21.17. Tim dokter RSUD Kota Tangerang kemudian melakukan pemeriksaan untuk menganalisis berbagai penyakit yang kemungkinan menjangkit Cipto imbas kelebihan berat badan.

Saat itu disebutkan, Cipto dibawa ke rumah sakit dengan keluhan sesak napas selama sepekan terakhir. Kondisinya tersebut disebut semakin parah dalam tiga hari terakhir.

Simak Video “Pria Berbobot 230 Kg Bakal Jalani Program Rawat Jangka Panjang
[Gambas:Video 20detik]
(kna/kna)