JakartaSejumlah penelitian menunjukkan rutin minum probiotik terbukti meningkatkan imunitas, menjaga kesehatan pencernaan, mengurangi peradangan sampai merawat kesehatan fisik dan psychological.

Dalam agenda Temu Media Journalist from Abroad yang diselenggarakan oleh Yakult Honsha, pakar imunologi dari Juntendo College Jepang, Profesor Kazuyoshi Takeda menjelaskan kebiasaan mengonsumsi minuman probiotik bisa mencegah penyakit karena dapat meningkatkan kinerja sel imun, khususnya pure killer cell (NK cell).

“Minum probiotik setiap hari terbukti bisa meningkatkan aktivitas sel NK,” jelas Takeda ketika berbicara di discussion board kuliah terbuka Lactic Acid Micro organism and Immune System di Yakult Honsha, Takeshiba, Kota Minato, Tokyo, Jepang (23/5/2023).

Dalam penelitian yang dilakukan Takeda dan tim, pemberian probiotik yang mengandung bakteri Lactobacillus casei Shirota pressure yang terdapat pada Yakult menunjukkan hasil positif pada aktivitas sel NK pada kelompok uji lansia dan paruh baya.

adv_yakult

Foto: Suasana Seminar Lactic Acid oleh Prof. Takeda di Yakult Honsha

Sel NK adalah pembunuh alami bagian dari sel darah putih yang bisa menghancurkan sel yang terinfeksi virus atau sel yang tumbuh tidak regular seperti tumor dan kanker.

Semakin berumur, tingkat aktivitas NK Cells yang dimiliki seseorang semakin rendah. Hal ini menyebabkan lansia lebih berisiko terserang infeksi karena aktivitas sel NK mereka menurun.

Namun dengan konsumsi probiotik yang mengandung bakteri Lactobacillus casei Shirota pressure, tingkat imunitas lansia membaik. Kondisi tersebut sejalan dengan temuan Prof. Takeda yang dipublikasikan dalam jurnal yang bertema NK Cell Activation by Lactobacillus casei Shirota.

Peneliti melakukan pemberian probiotik yang mengandung Lactobacillus casei Shirota pressure pada kelompok uji orang paruh baya dan lansia. Hasilnya mereka yang rutin minum Yakult selama tiga minggu menunjukkan hasil positif pada aktivitas sel NK.

Pada penelitian yang dilakukan pada subjek paruh baya, ditemukan adanya peningkatan aktivitas NK sel (terutama pada individu yang memiliki aktivitas NK sel rendah). Sementara itu, pada penelitian yang menggunakan subjek lansia, ditemukan ada penurunan aktivitas NK sel pada grup kontrol, dimana aktivitas NK sel pada kelompok yang mengonsumsi Lactobacillus casei Shirota pressure tetap terjaga. “Minum satu botol probiotik setiap hari bisa memperbaiki imunitas. Hal yang paling penting diperhatikan, usahakan rutin,” jelas dia.

Boleh diminum setiap hari?

Dalam kesempatan yang sama, spesialis penyakit dalam dalam konsultan endokrin metabolik diabetes Dr dr Indra Wijaya, M.Kes, SpPD-KEMD, FINASIM, FACP mengatakan minuman yang mengandung probiotik bisa dikonsumsi setiap hari.

Tubuh perlu menjaga keseimbangan bakteri baik dan jahat di saluran pencernaan setiap saat. Jadi, ia menyebut minum probiotik sebaiknya setiap hari.

“Aman, probiotik memang sebaiknya dikonsumsi setiap hari. Sama seperti vitamin, omega 3, manfaatnya akan lebih baik jika rutin dikonsumsi,” tutur dr Indra.

(adv/adv)