Jakarta

Gangguan kepribadian narsistik atau Narcissistic Character Dysfunction (NPD) tak semata-mata diartikan sebagai kepercayaan diri atau ‘self love’ yang terlalu tinggi. Pada beberapa kondisi, gangguan kepribadian ini bisa sampai menimbulkan masalah dalam berhubungan dengan orang lain, sehingga memerlukan pemeriksaan dan penanganan profesional.

Sebagaimana dijelaskan oleh psikolog anak dan keluarga Anna Surti Ariani, SPsi, MSi, Psi, atau yang akrab disapa Nina, orang-orang dengan NPD cenderung merasa bisa melakukan segala hal sendiri, tanpa turun tangan orang lain. Mereka berpusat pada dirinya sendiri, yang dianggapnya lebih istimewa dari orang-orang lain.

“Jadi orang-orang yang NPD ini, mereka betul-betul membutuhkan keteguhan yang terus-menerus dan berlebihan, keistimewaan, perlakuan khusus walaupun mereka sebenarnya biasa saja di situ,” terangnya dalam siaran detik Pagi, Kamis (15/6/2023).

“Mereka berharap diakui superior, padahal prestasinya biasa saja. Banyak sekali prestasi yang mereka alami, kesuksesan, kecantikan, ini-itu dan sebagainya yang sebenarnya nggak seperti itu,” sambung Nina.

Kecenderungannya, orang-orang dengan NPD merasa tidak membutuhkan orang lain. Pun mereka akhirnya bisa terbuka dengan orang lain, biasanya karena membutuhkan bantuan tertentu, bukan berlandaskan empati.

“Dia ini sangat bersifat memanfaatkan orang lain. Kadang-kadang merasa butuh orang lain, nggak butuh orang lain. Kalau sampai menyenangkan orang lain, mungkin ada satu yang betul-betul dia butuhkan. Lebih karena membutuhkan bantuannya, tapi juga mungkin kelihatan sombong,” jelas Nina.

“Tapi sebetulnya bukan yang terlalu dan berempati ke orang lain. Jadi empati ke orang lain itu kurang banget bagi mereka yang punya narcissistic persona dysfunction,” imbuhnya.

Namun begitu Nina mengingatkan, gangguan kepribadian narsistik bisa disebabkan oleh kondisi tertentu seperti pola asuh dari orang tua, atau trauma di masa lalu. Berinteraksi secara intens dengan orang-orang dengan NPD memang tidak selalu mudah. Namun begitu, orang-orang dengan NPD tak sebaiknya dijauhkan begitu saja. Bisa jadi, mereka justru memerlukan pemeriksaan dan penanganan lanjut dari profesional.

Simak Video “Mengenal NPD, Kondisi Psychological yang Dikaitkan dengan Virgoun
[Gambas:Video 20detik]
(vyp/naf)