Jakarta

Pemantau iklim Uni Eropa menyebut 2023 bisa menjadi tahun terpanas sepanjang sejarah umat manusia. Suhu world selama musim panas di belahan bumi utara adalah yang terpanas sejauh ini, berdasarkan pernyataan mereka, 6 September 2023.

Gelombang panas, kekeringan, dan kebakaran hutan melanda Asia, Afrika, Eropa, dan Amerika Utara selama tiga bulan terakhir, dampak dramatis terhadap perekonomian, ekosistem, dan kesehatan manusia.

“Suhu rata-rata world pada bulan Juni, Juli dan Agustus adalah 16,77 derajat Celcius, memecahkan rekor sebelumnya pada tahun 2019 sebesar 16,48 derajat Celcius,” kata Copernicus Local weather Change Service (C3S) Uni Eropa dalam sebuah laporan.

“Tiga bulan yang baru saja kita alami adalah masa terpanas dalam kurun waktu 120.000 tahun, dan ini merupakan sejarah manusia yang sangat efektif,” kata wakil direktur C3S Samantha Burgess kepada AFP.

Bulan lalu adalah Agustus terpanas dibandingkan bulan-bulan lainnya kecuali Juli 2023.

“Kerusakan iklim telah terjadi,” kata Sekretaris Jenderal PBB Antonio Guterres.

“Para ilmuwan telah lama memperingatkan dampak dari kecanduan bahan bakar fosil,” tambahnya. “Iklim kita memburuk lebih cepat dari yang bisa kita atasi, dengan kejadian cuaca ekstrem yang melanda seluruh penjuru planet ini.”

Suhu permukaan laut world yang mencapai rekor tertinggi berperan besar dalam memicu panas sepanjang musim panas, dengan gelombang panas laut melanda Atlantik Utara dan Laut Mediterania.

“Melihat tambahan panas yang kita miliki di permukaan laut, kemungkinannya adalah tahun 2023 akan menjadi tahun terpanas yang pernah tercatat,” kata Burgess.

Suhu rata-rata world selama delapan bulan pertama tahun 2023 adalah suhu terpanas kedua yang pernah tercatat, hanya 0,01C di bawah suhu acuan pada tahun 2016, tambah laporan itu.

“Jika belahan bumi utara mengalami musim dingin yang ‘regular’, kita hampir dapat mengatakan bahwa tahun 2023 akan menjadi tahun terpanas yang pernah dialami umat manusia,” kata Burgess.

Simak Video “Cegah Warmth Stroke saat Wukuf di Arafah dengan Cara Ini
[Gambas:Video 20detik]
(naf/naf)